Wednesday, April 29, 2009

RECYCLE KERTAS YUKK!!!!^^

Hay hay semuanya,,lagi berupaya berpartisipasi dalam program go green nih^^
Ternyata ga susah –susah amat ko jaga bumi kita ini. Salah atunya caranya dengan daur ulang,,
Ternyata daur ulang kertas tu gampang lho!!^^
Kalo pada punya kertas bekas slide kuliah, kertas kora, kertas bekas coret2an pa ngerjain statmat,daripada dibuang mending didaur ulang aja kan,,
Caranya nihhhh,,,,,,,,

RECYCLE KERTAS YUKKK!!!
Alat dan bahan :
• Kertas bekas apapun itu,,
• Kain tile kosong ya,jangan yang pake payet,,sayang kan,,hihi,,
• Blender
• Bingkai kayu
• Saringan
• Ember + airnya
Cara bikinnya :
1. Gunting atau sobek2 kertas bekas terus rendam ke ember yang udah ada airnya. Rendamnya selama 12-24 jam, makin lama makin baik.
2. Abis direndam, ambil segenggam bubur kertas trus diblender. Lakukan secara bertahap—boleh ditambah air sedikit agar blender ga macet.
3. Letakkan bubur yang sudah diblender ke dalam wadah. Saring bubur Koran biar ga basah banget terus letakkan di atas kain tile.
4. Tepuk2 n padatkan bubur kertas sampe berbentuk segi empat.
5. Pipihkan bubur kertas yang padat dengan cara ditekan. Pake kain tile buat menekan n meratakan ke samping biar makin pipih.
6. Jemur bubur kertas di bawah sinar matahari. Taruh bingkai kayu di bawahnya biar cepet kering^^
7. Kalo udah kering, angkat kertas daur ulang, tapi pelan2 yah, biar ga sobek.

Nah,, Cuma 7 step kan bikin kertas daur ulang,,ayo dunk pada coba,,sambil ikutan go green kita juga bias hemat lho^^

Oya kalo mau kertas daur ulang kita jadi lebih berwarna pake aja pewarna alami, kayak kunyit buat warna kuning, daun pandan buat warna hijau, daun kayu jati buat warna merah, dan bunga nila buat warna ungu. Caranya, rebus bahan pewarna alami, saring airnya dan campurkan ke dalam bubur saat bubur kertas diblender. Jangan lupa pake sarung tangan yah,soalnya pewarna alami tu gampang banget nempel kulit. Jangan sampe deh tangan kita jadi berwarna-warni kayak pelangi.hehe..
Trus kalo mau kertas daun ulan kita lebih bertekstur, *biar tampak artistic gitu,,hehe,,*,kita bisa pake daun ato bunga kering. Caranya, pas tahap 5(waktu bubur masi basah) tambahin daun ato bunga kering di atasnya, jadinya kertas kita lebih cantik^^

GO GREEN!!*_^

No comments:

Post a Comment